CLOTH
Membuat Bantal
(source: http://azri3d.blogspot.com)| Bantal dengan Cloth Modifier |
Cloth modifier dapat mengubah karakter geometri menjadi seperti kain (cloth). Modifier ini dapat diterapkan untuk membuat tirai, bantal, bendera, kantung plastik dan lainnya. Cara termudah menerapkan Cloth Modifier adalah dengan menggabungkannya dengan Garment Maker modifier. Tetapi juga bisa melakukannya dengan membuat planar lalu memberikan segmen yang banyak
Berikut adalah contoh cara menggunakan Cloth Modifier dengan membuat bantal.
(klik pd gbr utk video tutorial)
Membuat tirai
Prinsip membuat tirai ini dapat juga digunakan untuk membuat handuk ataupun bendera (tapi untuk bendera harus ditambah lagi dengan reactor wind).
Ada beberapa hal yang sangat berpengaruh agar tirai yang anda buat jatuhnya alami :
- Material Cloth yang anda gunakan. Dalam 3dsmax ada banyak material tirai Cloth yang ada, seperti spandex, rubber, satin, silk dll. Disarankan, luangkan waktu untuk mencoba material itu satu persatu dan bandingkan parameter yang berpengaruh. Kelak akan didapatkan material yang paling cocok dengan kebutuhan
- Gravitasi. Terkadang kita harus menambah nilai gravitasinya, cara ini akan menarik tirai kebawah sehingga tirai tidak kelihatan terlalu kaku lagi
- Besarnya segmen. Semakin kecil segmennya, tentunya bendanya akan semakin lentur. Tapi jangan terlalu kecil segmennya, karena akan memberatkan file 3dsmax.
Ditutorial ini digunakan plane, tapi juga dapat menggunakan garment maker.
(klik pd gbr utk video tutorial)
SELAMAT MENCOBA
terima kasih kepada Azri3d yang telah membuat tutorial ini, semoga bermanfaat untuk mahasiswa Arsitektur yang memerlukannya...........


Tidak ada komentar:
Posting Komentar